Monday, July 24, 2006

Ferrari 599 GTB Fiorano:The Masterpiece

Ferrari 599 GTB Fiorano telah dinobatkan sebagai ‘The F40 for the 21st Century’. Mobil 620hp, V12 masterpiece ini mengombinasikan ke-eleganan desain Ferrari dengan teknologi pemacu kecepatan dari tim Scuderia Ferrari Marlboro Formula 1. Ditenagai mesin V12 5999cc, Fiorano pertama kali muncul di Enzo supercar.

Namun, dengan tampilan barunya, Ferrari 599 GTB Fiorano, hanya akan tampil dalam bulan Juli ini di Goodwood Festival of Speed, Inggris, suatu ajang yang memungkinkan siapa saja bisa menyaksikan desain-desain juara dari kompetisi desain global yang disebut "Ferrari: New Concepts of the Myth".

Ajang ini dijadikan sebagai wadah kompetisi desain, baik ide maupun pemikiran, dari kalangan mahasiswa-mahasiswa terbaik yang berasal dari sekolah-sekolah desain mobil terkemuka dunia. Misalnya, College for Creative Studies of Detroit, Coventry University – School of Art and Design, European Institute of Design of Turin, dan Tokyo Communication Arts.

Ferrari 599 GTB Fiorano benar-benar menunjukkan mesin bersilinder V12 yang sangat mumpuni sepanjang masa. Amedeo Felisa, Vice General Manager, Ferrari, menyatakan bahwa di Detroit Motor Show, lahir model terbaru yang dikembangkan di Maranello. Mobil baru ini merupakan mobil Ferrari paling inovatif dan dilengkapi solusi teknologi yang paling maju, salah satunya, sebagaimana diterapkan pada mid-front engined two-seater coupe.

Hasilnya, suatu benchmark performa, keterlibatan pengemudi, dan desain. Ferrari 599 GTB Fiorano mampu melesat dengan dukungan daya hingga lebih dari 620hp pada 7,600 rpm untuk rasio berat terhadap tenaga (weight/power) sekitar 2.6 kg per daya kuda. Sementara, torsinya 448 pound-feet pada 5,600 rpm. Selama ini, Ferrari sudah sangat dikenal dengan inovasinya di dunia otomotif dunia.

Belum lama ini, Ferrari telah mengadopsi evolusi terkini dalam uji-coba penggunaan teknologi konstruksi paling maju, yang sepenuhnya menggunakan aluminium. Para pendesain dari Pininfarina memberikan wujud desain Ferrari 599 GTB Fiorano yang agresif, tetapi tetap memiliki garis-garis elegan, yang secara sempurna dipadukan dengan solusi aerodinamika yang sangat maju, sehingga mampu memberi performa yang tinggi.

Model terbaru ini mewakili simbol-simbol keunggulan produksi Ferrari yang memberikan interpretasi terkini dari suatu tema klasik, sebagaimana terlihat pada tipe 250 GT, 275 GTB, dan 365 GTB4.

Ferrari 599 GTB Fiorano diposisikan untuk menggantikan kedudukan Ferrari 575M Maranello – begitu juga 550 Maranello, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1996 – yang hingga kini telah diproduksi hingga 5,700 unit, yang merupakan rekor dari model ini.

Apa yang Spesial? Yang terlihat spesial adalah sistem suspensi Ferrari 599 GTB Fiorano dan penggunaan Magneto-rheological (MR) shocks. Sistem ini memungkinkan penyesuaian dalam hitungan detik melalui pengendalian arus listrik yang mengalir melalui fluida di shock absorbers. Ini merupakan jawaban berteknologi tinggi terhadap masalah lama. Ferrari mengklaim bahwa sistem suspensi MR memberikan mobil baru ini keamanan yang lebih tinggi dan pengalaman mengemudi yang jauh lebih menyenangkan.

Sedang traksi dan kendali stabilitas mobil ini hampir sama dengan sistem Corvette lain yang sudah ada. Chevrolet menyebutnya Active Handling Control, sementara Ferrari menyebutnya "F1-Trac." Sistem ini mampu meningkatkan stabilitas dan kendali traksi.

Dengan maksimum tenaga 620 HP pada 7,800 rpm dan torsi 448 lb-ft pada 5,600 rpm, Ferrari 599 GTB Friorano terbaru ini, baik yang six-speed manual maupun next-generation F1 gearbox, diklaim mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam yang sangat mengesankan, yakni 3.7 detik. Kecepatan puncaknya, yang dibatasi secara elektronik, mencapai lebih dari 205 mph atau 330 km/j.

Untuk kelengkapan dan kenyamanan perjalanan, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir (depan dan belakang), set-up iPod yang mudah digunakan, sistem anti pencurian berbasi satelit dan a luggage set yang khusus dibuat untuk model ini.

FACTFILE
Mesin:
V12 Tipo F140 5999cc
Tenaga: 620 HP @ 7.800 rpm
Torsi: 448 lb-ft @5.600 rpm
Transmisi: six-speed auto dan manual
0-100 km/jam: 3.7 detik
Top Speed: 205 mph atau 330 km/j
Sunday, July 23, 2006

Jaguar XKR: Memberi Pengalaman Baru

Belum lama ini, Jaguar telah mengumumkan mobil sport terbarunya yang menggunakan supercharger - Jaguar XKR 2007, Coupe dan Convertible. Mobil baru ini mengambil debut pertamanya di British International Motor Show, 18 Juli 2006, di London. Dengan diperkenalkannya XKR terbaru ini, maka pengalaman mengendarai Jaguar menjadi lebih tinggi lagi.

Dengan XKR, sesungguhnya Jaguar ingin mengesankan bahwa mobil baru ini memiliki ekstra tenaga dibandingkan XK. Dilengkapi mesin 4.2-liter V8 (supercharged) dan desain khusus, membuat XKR beda dari XK, dan juga XKR sebelumnya. Memiliki transmisi six-speed otomatis, mesin V8 ini diharapkan mampu menghasilkan tenaga hingga 420 HP, baik varian coupe maupun convertible.

Filosofi Jaguar bagaimana membuat mobil yang menawan, luks tetapi berkecepatan tinggi, terus dipertahankan. Artinya, Jaguar tetap mempertahankan kombinasi antara keindahan dan tenaga, gaya dan dinamika, tetapi menyatu dalam sebuah mobil berperformansi tinggi berkelas dunia.

Seperti diakui Bibie Boerio, Jaguar Cars managing director, Mobil XKR supercharged yang baru ini menangkap dengan baik esensi yang membuat sebuah mobil Jaguar menjadi sangat spesial. "Ini merupakan sebuah kombinasi yang sangat baik antara Grand Tourer dengan keseriusan performansi sebuah mobil sport yang mampu memberikan suatu pengalaman mengendarai yang sangat mengesankan.”

XKR supercharged ini dikembangkan selaras dengan aspirasi alami Jaguar XK Coupe dan Convertible, yang membuatnya mampu memadukan secara cerdik teknologi modern yang praktis, misalnya dengan diterapkannya struktur bodi monokoq aluminium yang unggul. Dan ini semakin membuat chasis XKR lebih ringan dan kokoh, baik Coupe maupun Convertible, dan sekaligus menggantikan penggunaan baja.

Mobil bermesin 4.2-liter supercharged V8, membuat Jaguar XKR memiliki tenaga cukup besar, yakni 420 bhp, sehingga akselerasi dari 0-60 mph dapat dicapai hanya dalam 4.9 detik (XKR Coupe) dan menghasilkan top speed 155 mph (electronically limited).

Selain itu, baik XKR Coupe dan Convertible, keduanya dilengkapi dengan grill baru ditambah bumper depan yang terkesan lebih sporty. Rodanya dirancang dengan opsi menggunakan roda standar 19 atau 20-inci, serta sistem quad-exhaust standar, yang membuat tampilannya lebih menawan.

Jaguar XKR baru bermesin 420 bhp ini merupakan mobil yang sensional. Dengan tambahan tenaga 120bhp (SAE) dibandingkan dengan XK 4.2-liter, mobil dengan enam kecepatan otomatis ini, mampu menampilkan perpaduan keunggulan Jaguar, yakni performansi dan dinamika dan pengalaman yang mengesankan.

"Tujuan kami ketika menyiapkan desain dan pembuatan XKR baru ini adalah memastikan bahwa karakteristik kendaraan tetap mampu dipertahankan secara seimbang, meskipun tenaganya bertambah dibandingkan XK," ujar Jaguar's chief engineer, Mike Cross. "Dengan menempatkan hal itu sebagai dasar berpikir kami, maka tujuan kami adalah menciptakan 'XK plus 30%' – sebuah mobil sport GT paling unggul di dunia nyata.

Lebih jauh, Mike Cross menegaskan bahwa, kami menginginkan performansi dan dinamisme yang Anda harapkan dari XKR dapat secara hati-hati dipertahankan, yakni memadukan dengan baik sebagai mobil luks yang sporti yang selama ini dimiliki oleh setiap mobil Jaguar. Tujuan utamanya adalah: jika Anda menyukai XK, maka Anda pasti akan lebih menyukai XKR baru ini.

Mesin Supercharged 4.2-liter
Dilengkapi mesin bersupercharge, XKR benar-benar mampu memberikan tenaga dan akselerasi yang sangat mengesankan. XKR baru ini berhasil mengoptimalkan mesin 4.2-liter supercharged AJ-V8 untuk memroduksi tenaga sebesar 420bhp (SAE) pada 6,250rpm dan torsi 413 lb-ft (560Nm) pada 4,000rpm, yang membuatnya mampu mencapai akselerasi 0-60mph hanya dalam 4.9 detik untuk Coupe (5.0 detik untuk Convertible), dan top speed 155mph (250kph).

Dengan adanya tambahan supercharger dan masukan udara ganda semakin membuat XKR baru ini berhasil memperoleh tambahan tenaga hingga 120bhp (SAE) dibandingkan mesin 4.2-liter XK, yang konfigurasi mesinnya sama. Sedang torsi, yang sangat penting untuk akselerasi instan pada kecepatan mesin manapun, juga meningkat hingga 36% dibandingkan XK, meskipun secara total berat XKR bertambah 154lb (70kg). Konsekuensinya, rasio tenaga terhadap berat dibandingkan XK 4.2-liter, 34% lebih tinggi.

Bukan itu saja, jika dibandingkan dengan XKR generasi sebelumnya, XKR juga memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar. Apalagi dikombinasikan dengan struktur bodi monokoq aluminium yang lebih ringan dan kokoh, maka rasio tenaga terhadap berat XKR baru dibandingkan XKR sebelumnya naik 12%.

Sedang rasio torsi terhadap berat naik 7.7%. Tetapi, untuk menghasilkan peningkatan yang sesuai dengan peningkatan lainnya, maka masih diperlukan penambahan tenaga 50 HP. Akibatnya, kecepatan akselerasi 0-60mph yang dicapai XKR baru, berkurang 0.3 detik.

FACTFILE
Mesin:
4.2-liter supercharged AJ-V8
Tenaga: 420bhp (SAE) pada 6,250rpm
Torsi: 413 lb-ft (560Nm) pada 4,000rpm
Akselerasi 0-60mph: 4.9 detik (Coupe); 5.0 detik (Convertible)
Top speed: 155mph (250kph).

Honda Civic 3-pintu: Pilihan Anak Muda

Honda meluncurkan Civic 3-pintu Tipe S untuk Eropa di British International Motor Show yang berlangsung Juli 2006. Tipe 3-pintu berbagai platform yang sama dan dimensi dengan Civic 5-pintu. Diharapkan Janurai 2007, tipe ini sudah masuk pasar dan menyasar kalangan anak-anak muda yang membutuhkan gaya dan performansi mobil 3-pintu.

Civic Tipe S ini meningkatkan respon stir, meningkatkan kecepatan dan stabilitas yang sangat baik saat memblok. Suspensinya telah ditingkatkan dengan settingan spring dan damper dan jarak track belakang yang 20mm lebih lebar. Dengan roda standar 17 inci dan masukan udara yang lebih dalam, semakin membuat Civic tipe S ini jauh lebih kukuh dan jantan.

Mobil Civic 3-pintu ini dilengkapi dengan dua pilihan mesin, yaitu 1.8-liter i-VTEC mesin bensin atau mesin disel 2.2-liter (highly-rated). Kedua mesin ini mampu memberikan daya 140PS dan dikombinasikan dengan 6-speed manual gearbox. Tipe 1.8-liter i-VTEC ini tersedia dengan menggunakan sistem transmisi i-SHIFT, baik manusal maupun otomatis.

Di bagian dalam, lapisan kursi dibungkus silver-stitched black alcantara dan bungkus stir dari kulit, serta dilengkapi pedal aluminium yang membuatnya kelihatan sporty. Kabinnya diisi dengan desain Dual Link dashboard, seperti yang digunakan di Civic 5-pintu. Informasi kendaraan ditempat di bagian atas panel instrument, sehingga tidak mengganggu konsentrasi pengendara.

Di kedua model Civic ini dilengkapi standar roda 17 inci, Vehicle Stability Assist (VSA), air conditioning, cool box, remote audio controls dan curtain airbags. Untuk tipe S GT ditambah panoramic glass roof, dual zone air conditioning, cruise control, front foglights, retractable mirrors, dan automatic wipers, serta headlamps.
Saturday, July 22, 2006

Ford Reflex 2006: Small is BIG

Ford Reflex 2006 dianugerahi penghargaan tertinggi mobil konsep pada Ward's Auto Interiors Show (North American International Auto Show 2006), 7 Juni 2006 di Cobo Center, Detroit. Reflex dianugerahi “Specialty Concept Vehicle of the Year” dan “Most Significant Concept Vehicle of the Year” oleh South East Automotive Media Organization (SEAMO).

Diakui Tom Kelley, executive director, SEAMO, bahwa Reflex merupakan mobil konsep pertama yang menerima penghargaan tertinggi dalam lima tahun perjalanan Ward's Auto Interiors Show, yang secara aklamasi dipilih oleh seluruh tim juri.”

SEAMO merupakan organisasi pemberi penghargaan dalam aspek desain, engineering dan tanggapan pasar terhadap mobil-mobil konsep yang diperkirakan akan sangat mempengaruhi pasar di masa datang.

Dengan pernghargaan ini, Reflex menunjukkan bahwa mobil konsep dengan mesin 1.4 liter i-4 didukung teknologi hybrid dengan power 155HP pada 6.000 rpm dan torsi 129 lb-ft pada 4.000 rpm, ini benar-benar berhasil menunjukkan keunggulannya. Karena, ke depan trennya akan menuju ke mobil-mobil yang sporty dan “small is big”, khususnya untuk pasar Amerika. Namun, tak ayal juga pasar Asia.

Reflex sendiri mengusung teknologi mesin diesel-electric hybrid – yang mampu mencapai 65 mil per gallon – dan dilengkapi dengan solar panel, flexible interior dari bahan sintetis dan regenerated materials, ditambah advanced safety features.

Keberhasilan Reflex, menurut Peter Horbury, executive director, North American Design, menunjukkan bahwa desain inovatifnya menegaskan garis-garis tradisional dari sebuah mobil subcompact. Konsumsi BBM Reflex sangat ekonomis dan fleksibel, sehingga sangat mendukung penghematan, apalagi di tengah harga BBM yang sangat tinggi sekarang ini.

"Ford Reflex memang mobil kecil, tapi tak mengesankan kecil," ujar Freeman Thomas, director, North American Strategic Design. "Ini merupakan mobil sporty yang sangat menawan, yang mampu memberikan performansi yang baik dengan menggunakan mesin hybrid. Begitu juga desain interior yang menarik dan inovatif, yang memberi ruang lebih lega bagi keluarga.”

Three-bar grille dari Reflex, yang mewakili kesan kuat Ford, dibuat dari bahan high-strength anodized extruded aluminum, yang dipolish tangan dan mengkilap. Aliran udara mengalir melewati garis bahu dan mengalir turun ke B-pillar dan menurun lagi ke lengkungan roda. Ini memberi aliran aerodinamis yang mendukung mobil dapat melesat lebih baik. Karena dilengkapi self-powered solar fans di bagian atap, kenyamanan mobil tetap akan terasa, meskipun mobil di parkir di tempat terbuka.

Reflex dilengkapi keyless activation, sehingga hanya dengan menekan sebuah tombol, maka panel instrument control tampil berwarna biru tua, ketika LED (light-emitting diodes) dihidupkan. Mobil ini juga dilengkapi touch-screen technology yang berada di konsol tengah, sehingga tidak mengganggu pengendara.

Desain interiornya terkesan modern, tanpa kayu dan kulit. Warnanya perpaduan suasana hangat dan cool, termasuk bahan yang digunakan - dark plastic interior - yang diperkirakan akan menjadi tren, tidak hanya di industri otomotif, juga fashion dan rumah.

Selain itu, jika Anda memiliki dua anak kecil, mereka bisa didudukkan di kursi baris kedua, dimana satu kursi dewasa dapat dibagi dua, cukup dengan menekan satu tombol dan batang pemisah muncul dari kursi belakang. Mereka juga dapat menonton video melalui dua buah monitor flat-screen yang dipasang di balik kursi depan.

Untuk sistem keamanan, Reflex dilengkapi teknologi keamanan yang maju, termasuk inflatable safety belts dan BeltMinder™ untuk penumpang di belakang. Inflatable safety belt akan mengurangi risiko luka pada penumpang di belakang. Reflex juga dilengkapi side air curtains. Reflex juag dilengkapi kelengkapan streaming video images, sehingga Anda dapat mengetahui keadaan anak Anda yang berada di belakang.

FACTFILE
Mesin: V4 1400cc, i-4 (hybrid)
Tenaga: 155 HP @ 6.000 rpm
Torsi: 129 lb-ft @4.000 rpm

Alfa Romeo Spider 2007 : Lebih Dinamis

Empat puluh tahun lalu, Alfa memperkenalkan Spider Veloce kepada pulik Amerika ketika Benjamin Braddock (Dustin Hoffman) mengendarainya di film "The Graduate."

Tapi, kini Alfa Romeo Spider 2007 yang mengusung kombinasi standar desain Alfa dan elemen-elemen baru yang belum muncul di kalangan automaker sebelumnya, terlihat sedikit lebih besar. Ukuran Alfa Romeo 2007 ini adalah lebar 72.1 inci, panjang 173.1 inci, dan tinggi 53.8 inci - 1.5 inci lebih pendek dari Chevrolet Corvette convertible, 1.1 inci lebih lebar dari Porsche Boxster, dan 0.8 inci lebih jangkung dibanding Audi TT cabriolet. Adalah Pininfarina, yang bekerjasama dengan Alfa Romeo style centre, yang mengembangkan keluaran terbaru ini.

Si Romeo nan menawan ini ditawarkan dengan dua pilihan tampilan (outfits), selain konsumen dapat memilih antara dua mesin tangguh: JTS (2.2 liter 185 bhp) dan 3.2 liter V6 Q4 dan 260 bhp). Juga kombinasi gaya sporty, dan 6-speed gearbox manual (otomatis tersedia untuk V6). Alfa Spider baru ini menjamin tempramen Alfa dan performa dinamis yang sangat menarik, karena dilengkapi high double wishbone suspension di depan dan sistem Multilink di belakang.

Alfa Spider juga memadukan kenyamanan luar biasa dengan sebuah sporty trim dan sistem ‘Alfa Romeo Q4’ four-wheel drive (pada 260 bhp, versi 3.2 V6 Q4). Untuk keamanan, Alfa dilengkapi perangkat elektronik sangat canggih guna mengendalikan perilakunya, mulai dari pengereman hingga traksi.

Yang pasti, Alfa Spider dibuat untuk memenuhi kepuasan penggunanya, bukan saja karena dalam proses pembuatannya kualitasnya sudah dijaga sangat ketat, bahan-bahan yang digunakannya pun dipilih yang berkualitas tinggi.