Saturday, July 22, 2006

Ford Reflex 2006: Small is BIG

Ford Reflex 2006 dianugerahi penghargaan tertinggi mobil konsep pada Ward's Auto Interiors Show (North American International Auto Show 2006), 7 Juni 2006 di Cobo Center, Detroit. Reflex dianugerahi “Specialty Concept Vehicle of the Year” dan “Most Significant Concept Vehicle of the Year” oleh South East Automotive Media Organization (SEAMO).

Diakui Tom Kelley, executive director, SEAMO, bahwa Reflex merupakan mobil konsep pertama yang menerima penghargaan tertinggi dalam lima tahun perjalanan Ward's Auto Interiors Show, yang secara aklamasi dipilih oleh seluruh tim juri.”

SEAMO merupakan organisasi pemberi penghargaan dalam aspek desain, engineering dan tanggapan pasar terhadap mobil-mobil konsep yang diperkirakan akan sangat mempengaruhi pasar di masa datang.

Dengan pernghargaan ini, Reflex menunjukkan bahwa mobil konsep dengan mesin 1.4 liter i-4 didukung teknologi hybrid dengan power 155HP pada 6.000 rpm dan torsi 129 lb-ft pada 4.000 rpm, ini benar-benar berhasil menunjukkan keunggulannya. Karena, ke depan trennya akan menuju ke mobil-mobil yang sporty dan “small is big”, khususnya untuk pasar Amerika. Namun, tak ayal juga pasar Asia.

Reflex sendiri mengusung teknologi mesin diesel-electric hybrid – yang mampu mencapai 65 mil per gallon – dan dilengkapi dengan solar panel, flexible interior dari bahan sintetis dan regenerated materials, ditambah advanced safety features.

Keberhasilan Reflex, menurut Peter Horbury, executive director, North American Design, menunjukkan bahwa desain inovatifnya menegaskan garis-garis tradisional dari sebuah mobil subcompact. Konsumsi BBM Reflex sangat ekonomis dan fleksibel, sehingga sangat mendukung penghematan, apalagi di tengah harga BBM yang sangat tinggi sekarang ini.

"Ford Reflex memang mobil kecil, tapi tak mengesankan kecil," ujar Freeman Thomas, director, North American Strategic Design. "Ini merupakan mobil sporty yang sangat menawan, yang mampu memberikan performansi yang baik dengan menggunakan mesin hybrid. Begitu juga desain interior yang menarik dan inovatif, yang memberi ruang lebih lega bagi keluarga.”

Three-bar grille dari Reflex, yang mewakili kesan kuat Ford, dibuat dari bahan high-strength anodized extruded aluminum, yang dipolish tangan dan mengkilap. Aliran udara mengalir melewati garis bahu dan mengalir turun ke B-pillar dan menurun lagi ke lengkungan roda. Ini memberi aliran aerodinamis yang mendukung mobil dapat melesat lebih baik. Karena dilengkapi self-powered solar fans di bagian atap, kenyamanan mobil tetap akan terasa, meskipun mobil di parkir di tempat terbuka.

Reflex dilengkapi keyless activation, sehingga hanya dengan menekan sebuah tombol, maka panel instrument control tampil berwarna biru tua, ketika LED (light-emitting diodes) dihidupkan. Mobil ini juga dilengkapi touch-screen technology yang berada di konsol tengah, sehingga tidak mengganggu pengendara.

Desain interiornya terkesan modern, tanpa kayu dan kulit. Warnanya perpaduan suasana hangat dan cool, termasuk bahan yang digunakan - dark plastic interior - yang diperkirakan akan menjadi tren, tidak hanya di industri otomotif, juga fashion dan rumah.

Selain itu, jika Anda memiliki dua anak kecil, mereka bisa didudukkan di kursi baris kedua, dimana satu kursi dewasa dapat dibagi dua, cukup dengan menekan satu tombol dan batang pemisah muncul dari kursi belakang. Mereka juga dapat menonton video melalui dua buah monitor flat-screen yang dipasang di balik kursi depan.

Untuk sistem keamanan, Reflex dilengkapi teknologi keamanan yang maju, termasuk inflatable safety belts dan BeltMinder™ untuk penumpang di belakang. Inflatable safety belt akan mengurangi risiko luka pada penumpang di belakang. Reflex juga dilengkapi side air curtains. Reflex juag dilengkapi kelengkapan streaming video images, sehingga Anda dapat mengetahui keadaan anak Anda yang berada di belakang.

FACTFILE
Mesin: V4 1400cc, i-4 (hybrid)
Tenaga: 155 HP @ 6.000 rpm
Torsi: 129 lb-ft @4.000 rpm