Saturday, November 15, 2008

Toyota Bina Komunikasi Dengan Pelanggan

Sebagai salah satu wujud komitmennya dalam hal kepuasan pelanggan, Toyota selalu peduli akan kehadiran komunitas pelanggan Toyota dan selalu memberi dukungan pada berbagai kegiatan mereka. Tak berhenti di situ, Toyota juga berinisiatif mengadakan ajang ramah tamah antar komunitas untuk mengoptimalkan adanya komunikasi horisontal antar pelanggan, seperti kegiatan Halal Bihalal yang digelar Oktober lalu. Kali ini, demi lebih mempererat hubungan Toyota-komunitas dan antar komunitas, Toyota bersama 6 komunitas pelanggan bergabung dalam kegiatan 2 hari 1 malam bertajuk Toyota Community Gathering bertempat di Camp Hulu Cai – Ciawi, 8-9 November 2008.

Toyota Community Gathering diadakan pertama kali tahun ini, diikuti oleh lebih dari 125 orang dari 6 klub komunitas Toyota, yaitu Avanza Xenia Club (AXIC), Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI), Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI), Toyota Vios Club Indonesia (TVCI), Innova Community (IC) dan Soluna. Lebih dari 60 mobil Toyota terlibat dalam kegiatan ini.

“Toyota menyadari betul, saat ini yang dibutuhkan pelanggan tidak sekedar pelayanan dan produk berkualitas. Pelanggan juga menginginkan komunikasi 2 arah dengan pihak produsen, serta antar pelanggan itu sendiri. Kami bermaksud mengakomodir kebutuhan itu melalui Community Gathering,” papar Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor, Johnny Darmawan. “Kami bersyukur, upaya Toyota merangkul komunitas pelanggan juga telah mendapatkan pengakuan dari media, salah satunya dalam bentuk penghargaan ATPM Care for Community dari majalah Autobild Indonesia.”

Sebelum memulai perjalanan menuju Ciawi, peserta berkumpul di New Parts Center Toyota di Cibitung yang baru diresmikan pertengahan tahun ini. Di lokasi ini Toyota memberikan kesempatan kepada peserta untuk mengenal dari dekat fasilitas dan sistem baru yang dimiliki Toyota dalam hal penyediaan suku cadang kendaraan, yang pada akhirnya ditujukan bagi kepuasan pelanggan. Sedangkan di Camp Hulu Cai, akan diadakan sharing session serta aneka games outbound.

“Yang membedakan dengan ajang ramah tamah sebelumnya adalah adanya presentasi dan sharing session antar klub pada Sabtu malam dalam suasana api unggun yang akrab. Melalui kegiatan tersebut, komunitas Toyota dapat saling melakukan benchmark untuk peningkatan kualitas masing-masing klub. Dengan mengikuti permainan outbound mereka dapat mempererat kerja sama tim,” tambah Johnny Darmawan. “Pada intinya, Toyota Community Gathering ini adalah kegiatan dari dan untuk komunitas Toyota. Kami hanya sebagai fasilitator saja,” tutupnya.

Toyota berharap kegiatan ini dapat mendukung semakin berkembangnya hubungan baik antar komunitas Toyota, serta memberikan inspirasi kepada pelaku bisnis dan pemasar lainnya, akan pentingnya memperhatian kebutuhan komunikasi horisontal antar pelanggan. /PR

Labels: