Sunday, July 23, 2006

Jaguar XKR: Memberi Pengalaman Baru

Belum lama ini, Jaguar telah mengumumkan mobil sport terbarunya yang menggunakan supercharger - Jaguar XKR 2007, Coupe dan Convertible. Mobil baru ini mengambil debut pertamanya di British International Motor Show, 18 Juli 2006, di London. Dengan diperkenalkannya XKR terbaru ini, maka pengalaman mengendarai Jaguar menjadi lebih tinggi lagi.

Dengan XKR, sesungguhnya Jaguar ingin mengesankan bahwa mobil baru ini memiliki ekstra tenaga dibandingkan XK. Dilengkapi mesin 4.2-liter V8 (supercharged) dan desain khusus, membuat XKR beda dari XK, dan juga XKR sebelumnya. Memiliki transmisi six-speed otomatis, mesin V8 ini diharapkan mampu menghasilkan tenaga hingga 420 HP, baik varian coupe maupun convertible.

Filosofi Jaguar bagaimana membuat mobil yang menawan, luks tetapi berkecepatan tinggi, terus dipertahankan. Artinya, Jaguar tetap mempertahankan kombinasi antara keindahan dan tenaga, gaya dan dinamika, tetapi menyatu dalam sebuah mobil berperformansi tinggi berkelas dunia.

Seperti diakui Bibie Boerio, Jaguar Cars managing director, Mobil XKR supercharged yang baru ini menangkap dengan baik esensi yang membuat sebuah mobil Jaguar menjadi sangat spesial. "Ini merupakan sebuah kombinasi yang sangat baik antara Grand Tourer dengan keseriusan performansi sebuah mobil sport yang mampu memberikan suatu pengalaman mengendarai yang sangat mengesankan.”

XKR supercharged ini dikembangkan selaras dengan aspirasi alami Jaguar XK Coupe dan Convertible, yang membuatnya mampu memadukan secara cerdik teknologi modern yang praktis, misalnya dengan diterapkannya struktur bodi monokoq aluminium yang unggul. Dan ini semakin membuat chasis XKR lebih ringan dan kokoh, baik Coupe maupun Convertible, dan sekaligus menggantikan penggunaan baja.

Mobil bermesin 4.2-liter supercharged V8, membuat Jaguar XKR memiliki tenaga cukup besar, yakni 420 bhp, sehingga akselerasi dari 0-60 mph dapat dicapai hanya dalam 4.9 detik (XKR Coupe) dan menghasilkan top speed 155 mph (electronically limited).

Selain itu, baik XKR Coupe dan Convertible, keduanya dilengkapi dengan grill baru ditambah bumper depan yang terkesan lebih sporty. Rodanya dirancang dengan opsi menggunakan roda standar 19 atau 20-inci, serta sistem quad-exhaust standar, yang membuat tampilannya lebih menawan.

Jaguar XKR baru bermesin 420 bhp ini merupakan mobil yang sensional. Dengan tambahan tenaga 120bhp (SAE) dibandingkan dengan XK 4.2-liter, mobil dengan enam kecepatan otomatis ini, mampu menampilkan perpaduan keunggulan Jaguar, yakni performansi dan dinamika dan pengalaman yang mengesankan.

"Tujuan kami ketika menyiapkan desain dan pembuatan XKR baru ini adalah memastikan bahwa karakteristik kendaraan tetap mampu dipertahankan secara seimbang, meskipun tenaganya bertambah dibandingkan XK," ujar Jaguar's chief engineer, Mike Cross. "Dengan menempatkan hal itu sebagai dasar berpikir kami, maka tujuan kami adalah menciptakan 'XK plus 30%' – sebuah mobil sport GT paling unggul di dunia nyata.

Lebih jauh, Mike Cross menegaskan bahwa, kami menginginkan performansi dan dinamisme yang Anda harapkan dari XKR dapat secara hati-hati dipertahankan, yakni memadukan dengan baik sebagai mobil luks yang sporti yang selama ini dimiliki oleh setiap mobil Jaguar. Tujuan utamanya adalah: jika Anda menyukai XK, maka Anda pasti akan lebih menyukai XKR baru ini.

Mesin Supercharged 4.2-liter
Dilengkapi mesin bersupercharge, XKR benar-benar mampu memberikan tenaga dan akselerasi yang sangat mengesankan. XKR baru ini berhasil mengoptimalkan mesin 4.2-liter supercharged AJ-V8 untuk memroduksi tenaga sebesar 420bhp (SAE) pada 6,250rpm dan torsi 413 lb-ft (560Nm) pada 4,000rpm, yang membuatnya mampu mencapai akselerasi 0-60mph hanya dalam 4.9 detik untuk Coupe (5.0 detik untuk Convertible), dan top speed 155mph (250kph).

Dengan adanya tambahan supercharger dan masukan udara ganda semakin membuat XKR baru ini berhasil memperoleh tambahan tenaga hingga 120bhp (SAE) dibandingkan mesin 4.2-liter XK, yang konfigurasi mesinnya sama. Sedang torsi, yang sangat penting untuk akselerasi instan pada kecepatan mesin manapun, juga meningkat hingga 36% dibandingkan XK, meskipun secara total berat XKR bertambah 154lb (70kg). Konsekuensinya, rasio tenaga terhadap berat dibandingkan XK 4.2-liter, 34% lebih tinggi.

Bukan itu saja, jika dibandingkan dengan XKR generasi sebelumnya, XKR juga memiliki tenaga dan torsi yang lebih besar. Apalagi dikombinasikan dengan struktur bodi monokoq aluminium yang lebih ringan dan kokoh, maka rasio tenaga terhadap berat XKR baru dibandingkan XKR sebelumnya naik 12%.

Sedang rasio torsi terhadap berat naik 7.7%. Tetapi, untuk menghasilkan peningkatan yang sesuai dengan peningkatan lainnya, maka masih diperlukan penambahan tenaga 50 HP. Akibatnya, kecepatan akselerasi 0-60mph yang dicapai XKR baru, berkurang 0.3 detik.

FACTFILE
Mesin:
4.2-liter supercharged AJ-V8
Tenaga: 420bhp (SAE) pada 6,250rpm
Torsi: 413 lb-ft (560Nm) pada 4,000rpm
Akselerasi 0-60mph: 4.9 detik (Coupe); 5.0 detik (Convertible)
Top speed: 155mph (250kph).