Tuesday, December 04, 2007

Clean Air Roadshow dan Clean Vehicle Exhibition

Perjalanan rombongan Clean Air Roadshow berakhir di Bali pada tanggal 1 Desember setelah dilepas walikota Malang, Peni Suparto di halaman balaikota Malang. Jarak tempuh sejauh 1080 km ini membuktikan keandalan masing-masing kendaraan dalam performa maupun konsumsi bahan bakar.

Dari tiga mobil Toyota yang dipantau dari konsumsi bahan bakar didapat hasil yakni, Toyota Prius konsumsi BBM 1:25 km, Fortuner Diesel 1:13 km, Vios 1: 17 km dengan berbagai kondisi jalan serta beban muat di kendaraan yang masing-masing diisi empat orang penumpang.

Bersamaaan dengan roadshow ini, Toyota juga menggelar Toyota Goes To School di dua kota yang dilalui roadshow, yaitu Jogja (SMAN 6) dan Bali (SMAN 4). Di dua sekolah ini Toyota bersama pakar lingkungan hidup dan tokoh media, melakukan edukasi tentang teknologi ramah lingkungan, sekaligus mengajak kaun remaja untuk lebih peduli guna mengantisipasi global warming.

Dalam acara ini tampil beberapa pembicara ahli. Dari National Geographics (Tantyo Bangun) membahas mengenai pengertian pemanasan global, sedang dari Kompas (James Luhulima – redaktur otomotif) menjelaskan tentang korelasi antara dunia otomotif dengan antisipasi pemanasan global.

Sementara dari pihak KLH Propinsi memaparkan tentang cara-cara praktis yang dapat dilakukan untuk menghemat energi dan mencegah pemanasan global, ditutup dengan penjelasan dari Toyota mengenai aktifitas dan komitmen yang telah dilakukan Toyota dalam hal lingkungan hidup.

Toyota juga mengadakan workshop tentang daur ulang sehingga para pelajar tidak hanya mengetahui sisi teori melainkan juga langsung melakukan praktek nyata. “Kami bersyukur dapat melakukan aktivitas langsung semacam ini. Antusiasme para pelajar di dua sekolah tersebut membuktikan bahwa generasi muda bangsa kita juga sangat peduli akan pemeliharaan lingkungan hidup, khususnya antisipasi pemanasan global,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM pada kesempatan yang berbeda.

Sementara itu, pembukaan Clean Vehicles Exhibition yang dilangsungkan di Bali Collection diresmikan oleh Menteri Lingkungan Hidup, Rachmat Witoelar, pada tanggal 3 Desember 2007. Dalam sambutannya, menteri mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada jajaran Gaikindo yang berinisiatif melaksanakan roadshow Jakarta- Bali untuk menunjukan kepada masyarakat kepedulian produsen kendaraan terhadap lingkungan hidup.

“Sebanyak 14 kendaraan yang mengikuti roadshow ini, yang ramah lingkungan, baik yang sudah diproduksi maupun prototipe kendaraan masa depan (future car) dipamerkan di eksebisi tersebut. Kendaraan tersebut di antaranya menggunakan bahan bakar CNG, listrik dan prototipe dengan BBM berstandar EURO 4,” jelas menteri. /PR

Labels: , , ,