Thursday, May 17, 2007

All New CR-V: Ingin Jadi Trendsetter SUV

Generasi ketiga Honda CR-V telah hadir di tanah air. All New CR-V diharapkan Honda menjadi trendsetter SUV kelas premium, yang memadukan ketangguhan SUV dengan kenyamanan setara sedan.

Dibandingkan generasi sebelumnya, ubahan eksterior All New CR-V terbilang cukup signifikan. Front grille-­nya kini mengadopsi desain double-layer, dipadukan dengan projector headlight. Melihat sisi samping, garis jendela yang membentuk kurva mengerucut ke arah buritan membuat tampilannya lebih dinamis. Kesan tangguh dan sporti pun makin kental dengan adanya lower garnish berwarna hitam di sekeliling bodi, plus dukungan velg 17” 7-spokes (untuk versi 2,4L).

Honda juga membenahi segi pengendalian SUV teranyarnya ini. Dengan merancang ulang penempatan mesin dan ban cadangan, All New CR-V memiliki center of gravity lebih rendah. Tingkat kekakuan bodi pun diperbesar, sehingga secara keseluruhan All New CR-V menjanjikan tingkat kestabilan lebih baik. Sementara itu, stabilitas dan pengendaliannya juga didukung pengadopsian MacPherson Strut untuk suspensi depan, dan Reactive Link Double Wishbone untuk suspensi belakang.

Dari sisi aerodinamika, All New CR-V menggunakan sejumlah aerodynamic parts di bagian bawah bodinya untuk mereduksi aliran angin di bawah bodi. Koefisien geseknya kini 0,39, atau lebih baik 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, dan downforce-nya pun meningkat 67 persen. Alhasil, dalam kecepatan tinggi, SUV ini diklaim tetap stabil.

Honda menawarkan dua pilihan kapasitas mesin untuk All New CR-V, yakni 2,4L dan 2,0L. Keduanya mengadopsi teknologi i-VTEC, dan termasuk mesin ramah lingkungan karena sudah memenuhi standar EURO-IV.

Varian mesin 2,4L sanggup memuntahkan tenaga sebesar 170 PS pada putaran 5.800 rpm, sementara torsi maksimumnya 22,2kg.m yang dicapai pada putaran 4.200 rpm. Artinya, mesin ini lebih bertenaga ketimbang generasi sebelumnya yang berkekuatan 160PS pada putaran 6.000 rpm. Sementara itu, varian 2.0L-nya memiliki daya maksimum sebesar 150PS pada putaran 6.200rpm, dengan torsi maksimum 19.4kg.m pada 4.200rpm.

Baik varian 2,4L maupun 2,0L sama-sama dilengkapi dengan sistem transmisi otomatis 5-kecepatan, yang perbandingan transmisinya sudah dioptimalkan untuk mencapai akselerasi bertenaga sekaligus penggunaan bahan bakar yang lebih efisien. Sementara, bagi penikmat transmisi manual, Honda menawarkan pilihan transmisi manual 6-kecepatan. Sayangnya, pilihan ini hanya ada pada varian 2,0L.

Melongok interior, All New CR-V menggunakan material berkualitas dengan nuansa warna two-tone ivory. Meter cluster-nya juga tampil beda, dimana tachometer dan speedometer memiliki self-illuminating lights berwarna putih yang jelas terbaca. Di antara kedua indikator itu terdapat sebuah panel LCD, yang menyajikan informasi-informasi seperti indikator bensin, indikator pintu, trip meter, jarak tempuh, rata-rata konsumsi bahan bakar, dan temperatur suhu luar (khusus tipe 2.4L).

Kabinnya pun kini terasa lebih lapang, karena panjang kabin bertambah 70mm ketimbang model sebelumnya. Bangku belakang dapat dilipat dengan pembagian 40:20:40 atau 60:40 dan dapat dilipat ke dua arah, sehingga memberikan total kapasitas kabin sebesar 955 liter.

Selain itu, ruang bagasinya dapat dibagi menjadi dua tingkat dengan rak pembatas yang dinamakan sistem Double Deck Cargo. Sementara untuk kenyamanan kabinnya, All New CR-V dilengkapi dengan dual zone climate control (khusus untuk varian 2,4L).

Dari sisi keamanan berkendara, seperti mobil-mobil Honda pada umumnya, All New CR-V sudah mengaplikasikan teknologi G-Force Control (G-CON) untuk menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang saat terjadi suatu benturan. Sementara untuk benturan samping, All New CR-V sudah mengaplikasikan side impact door beam.

Fitur keamanan aktifnya pun terbilang lengkap, mulai dari seat belt dengan pretensioners, sistem pengereman ABS, EBD, dan BA, serta Dual SRS Airbag untuk pengemudi dan penumpang depan. Sementara itu, untuk mencegah pencurian, immobilizer anti-theft system dan security alarm hadir sebagai kelengkapan standar.

Labels: ,