Monday, July 24, 2006

Ferrari 599 GTB Fiorano:The Masterpiece

Ferrari 599 GTB Fiorano telah dinobatkan sebagai ‘The F40 for the 21st Century’. Mobil 620hp, V12 masterpiece ini mengombinasikan ke-eleganan desain Ferrari dengan teknologi pemacu kecepatan dari tim Scuderia Ferrari Marlboro Formula 1. Ditenagai mesin V12 5999cc, Fiorano pertama kali muncul di Enzo supercar.

Namun, dengan tampilan barunya, Ferrari 599 GTB Fiorano, hanya akan tampil dalam bulan Juli ini di Goodwood Festival of Speed, Inggris, suatu ajang yang memungkinkan siapa saja bisa menyaksikan desain-desain juara dari kompetisi desain global yang disebut "Ferrari: New Concepts of the Myth".

Ajang ini dijadikan sebagai wadah kompetisi desain, baik ide maupun pemikiran, dari kalangan mahasiswa-mahasiswa terbaik yang berasal dari sekolah-sekolah desain mobil terkemuka dunia. Misalnya, College for Creative Studies of Detroit, Coventry University – School of Art and Design, European Institute of Design of Turin, dan Tokyo Communication Arts.

Ferrari 599 GTB Fiorano benar-benar menunjukkan mesin bersilinder V12 yang sangat mumpuni sepanjang masa. Amedeo Felisa, Vice General Manager, Ferrari, menyatakan bahwa di Detroit Motor Show, lahir model terbaru yang dikembangkan di Maranello. Mobil baru ini merupakan mobil Ferrari paling inovatif dan dilengkapi solusi teknologi yang paling maju, salah satunya, sebagaimana diterapkan pada mid-front engined two-seater coupe.

Hasilnya, suatu benchmark performa, keterlibatan pengemudi, dan desain. Ferrari 599 GTB Fiorano mampu melesat dengan dukungan daya hingga lebih dari 620hp pada 7,600 rpm untuk rasio berat terhadap tenaga (weight/power) sekitar 2.6 kg per daya kuda. Sementara, torsinya 448 pound-feet pada 5,600 rpm. Selama ini, Ferrari sudah sangat dikenal dengan inovasinya di dunia otomotif dunia.

Belum lama ini, Ferrari telah mengadopsi evolusi terkini dalam uji-coba penggunaan teknologi konstruksi paling maju, yang sepenuhnya menggunakan aluminium. Para pendesain dari Pininfarina memberikan wujud desain Ferrari 599 GTB Fiorano yang agresif, tetapi tetap memiliki garis-garis elegan, yang secara sempurna dipadukan dengan solusi aerodinamika yang sangat maju, sehingga mampu memberi performa yang tinggi.

Model terbaru ini mewakili simbol-simbol keunggulan produksi Ferrari yang memberikan interpretasi terkini dari suatu tema klasik, sebagaimana terlihat pada tipe 250 GT, 275 GTB, dan 365 GTB4.

Ferrari 599 GTB Fiorano diposisikan untuk menggantikan kedudukan Ferrari 575M Maranello – begitu juga 550 Maranello, yang pertama kali diperkenalkan tahun 1996 – yang hingga kini telah diproduksi hingga 5,700 unit, yang merupakan rekor dari model ini.

Apa yang Spesial? Yang terlihat spesial adalah sistem suspensi Ferrari 599 GTB Fiorano dan penggunaan Magneto-rheological (MR) shocks. Sistem ini memungkinkan penyesuaian dalam hitungan detik melalui pengendalian arus listrik yang mengalir melalui fluida di shock absorbers. Ini merupakan jawaban berteknologi tinggi terhadap masalah lama. Ferrari mengklaim bahwa sistem suspensi MR memberikan mobil baru ini keamanan yang lebih tinggi dan pengalaman mengemudi yang jauh lebih menyenangkan.

Sedang traksi dan kendali stabilitas mobil ini hampir sama dengan sistem Corvette lain yang sudah ada. Chevrolet menyebutnya Active Handling Control, sementara Ferrari menyebutnya "F1-Trac." Sistem ini mampu meningkatkan stabilitas dan kendali traksi.

Dengan maksimum tenaga 620 HP pada 7,800 rpm dan torsi 448 lb-ft pada 5,600 rpm, Ferrari 599 GTB Friorano terbaru ini, baik yang six-speed manual maupun next-generation F1 gearbox, diklaim mampu mencapai kecepatan 0-100 km/jam yang sangat mengesankan, yakni 3.7 detik. Kecepatan puncaknya, yang dibatasi secara elektronik, mencapai lebih dari 205 mph atau 330 km/j.

Untuk kelengkapan dan kenyamanan perjalanan, mobil ini juga dilengkapi dengan sensor parkir (depan dan belakang), set-up iPod yang mudah digunakan, sistem anti pencurian berbasi satelit dan a luggage set yang khusus dibuat untuk model ini.

FACTFILE
Mesin:
V12 Tipo F140 5999cc
Tenaga: 620 HP @ 7.800 rpm
Torsi: 448 lb-ft @5.600 rpm
Transmisi: six-speed auto dan manual
0-100 km/jam: 3.7 detik
Top Speed: 205 mph atau 330 km/j