Wednesday, September 20, 2006

Lebih Fleksibel

BMW M6 Convertible baru saja memulai debutnya di British International Motor Show, Inggris, 18-30 Juli 2006. Mobil yang ditenagai mesin peraih penghargaan 5.0-liter V10 dan menggunakan teknologi F1 ini, berhasil memadukan semua performa M6 Coupe, namun dengan tambahan kemewahan open-air motoring.

M6 beratap terbuka baru ini menggunakan dapur pacu BMW 4,999cc V10 yang mampu menghasilkan tenaga 507hp. Dengan tenaga sebesar ini akselerasi dari 0-62mph dapat ditempuh dalam 4,8 detik, sebelum mencapai kecepatan puncak yang dibatasi secara elektronis 155mph.

Namun, M6 sesungguhnya mampu mencapai kecepatan hingga 200mph. Ini dimungkinkan, selain karena meningkatnya performa, juga adanya kemajuan teknologi mesin yang digunakan. Kedua keunggulan ini pula yang membuat mesin 5.0 liter V10 M6 ini dihargai sebagai mesin terbaik dunia di tahun kedua keberhasilannya – suatu catatan sejarah baru dalam pemberian penghargaan ini.

Yang menarik, kendaraan ini dilengkapi seven-speed Sequential Manual Gearbox dengan Drivelogic – sistem transmisi kecepatan yang pertama di dunia yang telah muncul di jajaran BMW M5 dan M6 Coupe. Fungsi Drivelogic memungkinkan pengendara membuat pilihan dari 11 opsi perpindahan gigi yang berbeda – lima dalam mode otomatis dan enam manual – yang masing-masing memberi kecepatan berbeda.

Pengendara dapat melakukan perpindahan gigi hanya dalam 50 milidetik, jauh lebih cepat dari seorang pengendara berpengalaman yang menggunakan girboks manual konvensional. Hal ini semakin membuat perpindahan gigi bukan saja cepat, tetapi dapat mengatur kecepatan yang dikehendaki dengan opsi pertukaran gigi yang berbeda-beda pula.

Bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya? M6 Convertible memiliki tingkat performa tinggi, sehingga konsumsi bahan bakarnya hanya 18.6mpg pada siklus gabungan dan emisi gas buang (CO2) sebesar 366g/km.

Variable M Differential dan sistem Dynamic Stability Control (DSC) versi BMW M memungkinkan mencapai traksi tingkat tertinggi dan kemampuan dinamis terbaik. Variable M Differential memungkinkan hingga 100 persen daya gerak (drive forces) diberikan ke satu roda belakang untuk mengoptimalkan traksi, sementara sistem DSC, berada di posisi M Dynamic optimum, sehingga memungkinkan derajat slip roda yang lebih besar meski pada performa yang lebih tinggi.

M6 memiliki interior mewah berlapis tiga yang akan mengurangi gangguan suara atau panas, sebagaimana pada seri 6 Convertible lainnya. Mobil ini juga dilengkapi Fin Structure roof sehingga dapat menampilkan siluet mobil kupe. Dengan desain atap terbuka pintar ini, M6 memiliki kapasitas bagasi yang cukup besar, yakni 300 liter saat atap dibuka, dan 350 liter saat atap ditutup.

Selain itu, M6 menggunakan bahan-bahan yang sangat ringan. Wing depan menggunakan bahan dari thermoplastic, yang lebih ringan dari aluminium, tetapi cukup fleksibel menerima ketukan kecil, sementara bumper depan dan belakang dari bahan kenyal serat-karbon. Atapnya terbuat dari Sheet Moulding Compound yang cukup ringan. Sedang bodi lainnya terbuat dari campuran baja dan aluminium ringan, termasuk berbagai komponen mekanikalnya.

Karenanya, M6 Convertible mampu mempertahankan distribusi berat 50:50 khas BMW, sehingga memberikan keseimbangan dan kelenturan optimal.

FACTFILE
Mesin: BMW 4,999cc V10 Teknologi F1
Tenaga: 507hp
Akselerasi: 0-62mph ditempuh dalam 4,8 detik (kecepatan puncak dibatasi secara elektronis 155mph).