Thursday, February 14, 2008

Toyota Dominasi ARCA 2008

Mobil-mobil Toyota/Lexus mendominasi daftar pemenang Autocar Reader's Choice Awards 2008 (ARCA 2008) yang diumumkan Selasa (12/2) di Jakarta. Dari 23 kategori mobil favorit, Toyota menempatkan empat modelnya di tempat teratas dan enam model lainnya menjadi nominator di segmenya. Lexus mendapat satu award dan satu nominator.

Autocar Indonesia mendulang pendapat konsumen melalui angket yang diselipkan di majalah itu sejak edisi September 2007 hingga Januari 2008. Sebanyak 2.765 pembaca dari berbagai daerah, bahkan luar negeri berkenan mengisi dan mengirimkan kembali angket tersebut.

Dari angket itu, terlihat pembaca banyak memilih mobil buatan Toyota bila mereka membutuhkan kendaraan MPV yang bisa memuat banyak orang dan banyak barang serta fleksibel penggunaannya. Di kategori medium MPV, Kijang Innova tetap favorit, dipilih 40% pembaca. 63% pembaca memilih Toyota Alphard sebagai favorit di kategori Super Luxury MPV. Dan Toyota Avanza menjadi nominator di kategori Small MPV dimana favoritnya adalah salah satu MPV pendatang baru.

Di kelompok sedan saloon, New Toyota Vios jadi favorit dipilih 47% pembaca. Corolla Altis yang mendekati masa akhir siklus hidupnya tentu kalah favorit dibandingkan pendatang baru yang lebih segar di kategori medium saloon. Sedangkan Camry berhasil menggungguli salah satu brand Jerman terkenal, dan terpaut tipis dengan Eksekutif Saloon dari merk Jerman yang sangat kuat.

Kendaraan SUV Toyota, terutama Fortuner jadi favorit. Kendaraan SUV gagah ini dipilih 47% pembaca. Toyota Rush dan Toyota Land Cruiser jadi nominator di kelompoknya masing-masing, Small SUV dan Luxury SUV 4x4.

Pendatang baru, Lexus menempatkan Lexus RX sebagai medium luxury SUV favorit pembaca (28%) dan Lexus GS jadi nominator di Luxury Saloon.

Dalam rilisnya, Autocar Indonesia menyimpulkan berdasarkan angket yang masuk ke meja redaksi bahwa ada kecenderungan citra merek dan model baru banyak menjadi alasan pemilih di masing-masing kategori. /PR

Labels: , , , , ,