Monday, September 25, 2006

Style & Safety

Berbeda dari model-model sebelumnya, kali ini Mercedes meluncurkan model CL-Class, yang muncul dalam dua varian CL500 dan CL600. Mercedes-Benz top-of-the-range coupe ini mengalami perubahan dalam setiap dimensinya. Panjangnya 5065 milimeter (mm), lebar 1871 mm dan tinggi 1418 mm, yang berarti bodinya 75 mm lebih panjang, 14 mm lebih lebar dan 20 mm lebih tinggi dari sebelumnya. Kapasitas bagasinya pun bertambah 40 liter menjadi 490 liter.

Kupe luks ini mengusung tema kemanan kendaraan dengan dilengkapi rem PRE-SAFE, sistem otomatis yang unik dimana pengereman akan dilakukan sebelum buritan bertabrakan. Inovasi baru Mercedes seperti pada sistem suspensi Active Body Control (ABC), Intelligent Light System dengan lima fungsi pencahayaan, dan PRE-SAFE proteksi antisipatif, semuanya menjadi kelengkapan standar model ini.

Berbasis sinyal sensor, ABC akan menghilangkan semua pitch and roll terhadap bodi ketika kendaraan bergerak, berbelok atau mengerem. Responnya dalam hitungan detik, sehingga memastikan bodi menyesuaikan dengan setiap situasi. Pada kecepatan di atas 60 km/j, ABC menurunkan bodi hingga 10 milimeter guna mengurangi drag dan meningkatkan stabilitas.

Sedang PRE-SAFE, dalam situasi dimana gerakan dinamis lateral yang tinggi terjadi, maka sistem ini akan secara otomatis menutup pintu samping dan sunroof guna melindungi keamanan pengendara. Rem PRE-SAFE bekerja bersama dengan Brake Assist PLUS (BAS PLUS), yang secara otomatis akan memberi sinyal (visual dan audio) untuk menghindari kemungkinan tabrakan, misalnya ketika mobil mundur. Jika sinyal diabaikan sistem secara otomatis akan menggunakan 40 persen tenaga pengeremen, sampai pengendara mengambil tindakan.

Pengeremen poarisla ini akan mengurangi atau mencegah kemungkinan tabrakan. Di bagian depan, CL600 juga dilengkapi dengan teknologi radar state-of-the-art guna mengetahui situasi di depan kendaraan dan mendeteksi potensi tabrakan. Dua sensor radar, masing-masing 30 meter dan 150 meter dengan sudut pemindaian 80o m akan memberikan peringatan dini bagi pengendara, sehingga bisa terhindari dari kemungkinan tabrakan.

Selain itu, CL600 baru ini didesain untuk memberikan kenyamanan dan ketenangan, baik bagi pengendara maupun penumpang. Karenanya dilengkapi dengan desain interior yang menawan, dasbor yang gaya, trim kayu dan dilapisi kulit yang lembut.

CL600 ini ditenagai mesin V-12 mumpuni, tenaga dan torsinya meningkat. Bandingkan dengan kehebatan mobil-mobil klasik, sepeti Packard, Lincoln dan Cadillac. Mesin baru ini siap menantang siapapun dalam mengendarai. Untuk CL500 V8 tenaga yang dihasilkan 285 kW/388 hp dengan torsi maksimum 530 Nm pada 2800 rpm, atau peningkatan 26 persen output dan 15 persen torsi. Akselerasi dari 0-100 km/j ditempuh dalam 5.4 detik (model sebelumnya: 6.3 detik).

Sedang untuk CL600 tenaganya sangat mengesankan, dan jika dibandingkan dengan model-model sebelumnya, meningkat 12 kW/17 hp menjadi 380 kW/517 hp. Torsi maksimumnya pada 1900 rpm meningkat sebesar 30 Nm menjadi 830 Nm dan tetap konstan hingga 3500 rpm. Akselearsi dari 0-100 km/j hanya ditempuh dalam 4.6 detik (model sebelumnya: 4.8 detik). Selain meningkat performanya, konsumsi bahan bakar mesin V12 CL600 ini 0,4 liter lebih irit dibandingkan model CL600 sebelumnya per 100 kilometer.

CL600 tersedia dalam lima pilihan warna, dan automatic climate control, COMAND dengan radio mobil, pemutar CD/DVD, iglass sunroof, dan Alcantara roof liner menjadi spesifikasi standar. Termasuk tempat duduk multikontur dinamis dengan fungsi pesan, serta ventilasi udara aktif.