Thursday, February 28, 2008

All New Corolla Altis – The Real Star

PT Toyota-Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan generasi terbaru salah satu produk legendaris Toyota yang telah berpuluh tahun mendulang sukses sebagai sedan terlaris dunia. Generasi ke-10 dari Corolla ini adalah produk global dengan desain lebih dinamis-elegan, performa unggul, lebih ramah lingkungan, dilengkapi fitur-fitur terbaru dan kelengkapan safety terdepan di kelasnya. Ini semakin membuatnya layak menyandang gelar “All New Corolla Altis - The Real Star”.

Sebagaimana generasi terdahulu, kendaraan ini dibangun berdasarkan konsep sedan sekelas di atasnya dan ditujukan untuk memuaskan konsumennya di seluruh dunia.

Lebih khusus lagi, sebagaimana diungkapkan Yasuyuki Kawamoto, Chief Engineer of Toyota Motor Corporation, Jepang, kendaraan ini sangat memperhatikan kesehatan dan lingkungan konsumen, terutama dengan digunakannya bahan-bahan interior yang ramah lingkungan dengan kadar VOC (Volatile Organic Compounds) lebih rendah. Kadar VOC yang dikeluarkan ke udara telah dikurangani lebih dari 80% dibandingkan model-model sebelumnya.

Pertama kali diperkenalkan pada 1966, Corolla kini telah dijual di lebih dari 140 negara di dunia dengan pusat produksi di 16 negara yang berstandar global. ”Penjualan Corolla telah melebihi 33,5 juta unit dan merupakan kendaraan terlaris di dunia,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Di Indonesia sendiri Corolla pertama kali diperkenalkan pada 1972, yang merupakan generasi ke-2. Menyusul generasi ke-3 pada 1975, ke-4 (Corolla DX) pada 1980, ke-5 (Corolla SE) pada 1984, ke-6 (Corolla bermesin Twin Cam) pada 1988 dan generasi ke-7 (Great Corolla) pada 1992. Pada tahun 1996 diluncurkan Corolla generasi ke-8 yang mulai mengakomodir fitur-fitur keselamatan seperti ABS, dan disusul oleh Corolla Altis yang merupakan generasi ke-9 pada tahun 2001.

”Kami bersyukur, para pengguna Corolla di Indonesia adalah pelanggan yang loyal. Jumlah penjualan Corolla di Indonesia hingga 2007 sudah lebih dari 130.900 unit, dan kami optimis akan terus bertambah dengan hadirnya generasi terbaru ini,” tambah Johnny Darmawan. ”Dengan jumlah tersebut, Corolla merupakan sedan terlaris di Indonesia.”

Masih mempertahankan nama Altis, Corolla generasi terbaru ini diharapkan dapat memperkuat dominasi Toyota di segmen small sedan di Indonesia. Dengan angka penjualan kumulatif 200 –2007 sebesar 16.232 unit atau lebih dari 46% market share, Corolla Altis merupakan market leader di kelasnya.

”Yang menjadi selling point utama dari All New Corolla Altis adalah desain yang elegan namun lebih dinamis, bercita rasa global, performa unggul dan ramah lingkungan, kenyamanan dan kelengkapan fitur, serta fasilitas safety terdepan di kelasnya,” papar Johnny Darmawan.

Eksteriornya telah mengakomodir filosofi Vibrant Clarity dengan sentuhan swipe cut yang modern, tetap mempertahankan karakter elegan khas Corolla dengan siluet yang lebih lebar dan rendah untuk mengedepankan karakter dinamis. Khusus untuk pelanggan di Indonesia, terdapat tambahan aksesori pada headlamp, gril depan, muffler cutter, dan fog lamp (tipe V).

Kabinnya lebih luas dari generasi sebelumnya dan kapasitas bagasinya mampu memuat 4 buah golf bag. Juga didukung jumlah multi use storages di kabin yang mencapai 14 titik dan fasilitas penunjang kenyamanan seperti headrest di semua kursi termasuk kursi tengah di baris ke-2 dengan seat arrrangement yang fleksibel. Desain interior mengesankan kelapangan, elegan dan modern, seperti tampak pada tampilan dashboardnya.

Dari sisi fitur, Altis ini dilengkapi fitur-fitur terbaru yang pertama di kelasnya, seperti Cruise Control (V), Smart Start/Entry (V&G), Clearance Sonar (V), Power Drive Seat Adjuster (V), dan fasilitas Manual Leveling pada headlamp (V). Juga steering switches, 4-dial Optitron Meter, tilt and telescopic steering, Auto Rain Sensor (V), Cruise Control (V), Manual Leveling Headlamp (V), Smart Entry & Start (V&G), steering switches sehingga mengoptimalkan kenikmatan dan kepraktisan berkendara.

Dari sisi performa, kendaraan ini mengedepankan mesin 1ZZ-FE berteknologi VVT-i dilengkapi intelligent drive by wire dengan ETCS-i yang bertenaga, efisien, dan telah memenuhi standar emisi EURO III. Meski ukurannya lebih besar dari generasi sebelumnya, kendaraan ini terbukti lincah dikendarai dengan akselerasi mantap, turning radius 5,3 m dan turning ability maksimal.

Kelengkapan keselamatannya terdepan di kelasnya, yakni seat belt di semua kursi, back dan clearance sonar dan rear & front foglamp, yang merupakan fitur-fitur yang tidak terdapat pada pesaingnya, di samping GOA Body, ABS-EBD-BA, dual airbags, dll.

All New Corolla Altis tersedia dalam 3 pilihan tipe (J, G, dan V) dan 6 pilihan warna : Beige Metallic, Silver Metallic, Med Silver Metallic, Dark Grey Mica, Black Mica, dan Grayish Blue Metallic. /PR

Labels: , ,