Thursday, February 21, 2008

Awali 2008, Produk Toyota Tetap Jadi Pilihan Utama Masyarakat

Memasuki awal tahun 2008, selain tetap bertahan memimpin pasar dalam penjualan, berbagai produk Toyota terbukti menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia seperti terungkap dari bermacam survei independen. Dalam ajang penganugerahan Autocar Indonesia Reader’s Choice Awards 2008, empat produk Toyota menjadi pilihan terbanyak pembaca, di kategori masing-masing. Toyota Kijang dan Toyota Avanza, tahun ini kembali mendapatkan gelar Top Brand berdasarkan survei majalah Marketing dan Frontier Consulting Group.

Autocar Reader’s Choice Awards (ARCA) 2008 melibatkan 2.765 angket pembaca majalah Autocar dari seluruh Indonesia bahkan yang berdomisili di luar negeri, dalam memilih mobil favorit masing-masing. Pengumpulan angket dilakukan pada September 2007 - Januari 2008.

Empat produk Toyota yang terpilih sebagai favorit pembaca adalah New Toyota Vios untuk kategori Small Salon (46,91%), Toyota Fortuner untuk kategori SUV 7-Seater (47,23%), Toyota Kijang Innova untuk kategori Medium MPV (40,05%) serta Toyota Alphard untuk kategori Super Luxury MPV (63,57%).

“Terpilih menjadi kendaraan favorit para pembaca majalah otomotif berkelas merupakan kebanggaan tersendiri, karena komunitas tersebut notabene mengerti banyak tentang produk dan juga merupakan konsumen utama kami.

Apalagi mengingat tingginya prosentase yang diraih produk-produk Toyota terfavorit – semua di atas 40%. Dari 23 kategori yang ada, 10 produk Toyota terpilih menjadi 3 besar di kategori masing-masing,” ungkap Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT Toyota-Astra Motor.

Sedang Top Brand award adalah sebuah penghargaan terhadap merek-merek terpilih berdasarkan parameter survei, seperti top of mind awareness (merek yang pertama kali disebut oleh responden ketika ketegori produk disebutkan), last used (merek yang terakhir kali digunakan responden dalam 1 re-purchase cycle), dan future intention (merek yang ingin dikonsumsi di masa mendatang). Survei dilakukan secara face to face interview di 6 kota (Bandung, Jakarta, Makassar, Medan, Semarang dan Surabaya) dengan jumlah sampel 500 orang per kota secara random.

Dalam kategori Otomotif terdapat dua sub kategori, yaitu MPV dan City Car/Mini MPV. Dalam kategori MPV, untuk kesekian kalinya Toyota Kijang kembali mendapat peringkat teratas (32,9%). Sementara Toyota Avanza mendapatkan gelar Top Brand di kategori yang sama dengan perolehan Top Brand Index sebesar 10,5%.

“Toyota Kijang yang memang dibangun sesuai kondisi dan kebutuhan masyarakat Indonesia, terbukti masih menjadi pilihan utama masyarakat. Dari tahun 2002 hingga 2008, setiap tahunnya Toyota Kijang tidak pernah kehilangan gelar Top Brand ini”, tambah Johnny Darmawan.

Dari segi penjualan, hingga bulan Januari lalu Toyota tetap memimpin pasar otomotif nasional. Data penjualan ritel juga menunjukkan bahwa produk-produk Toyota tetap mendominasi pasar. Salah satunya adalah Toyota Vios. Sejak diluncurkan pada kuartal kedua tahun lalu, Vios mencetak angka penjualan ritel tertinggi di kelasnya, yaitu 4.103 unit.

Sehingga dalam catatan penjualan ritel, Vios memimpin penjualan kelas privat mini sedan tahun 2007. Demikian pula pada Januari lalu, dalam perhitungan ritel, Vios memimpin dengan 292 unit (lebih dari 50% market share) sementara rival terdekatnya hanya mencapai angka market share di atas 40%. /PR

Labels: , , ,