Tuesday, March 11, 2008

All New Full Size Honda Accord: Dimensi Baru Kemewahan Sedan

Honda semakin mempertegas posisinya sebagai yang teratas di pasar sedan Indonesia dengan menghadirkan generasi kedelapan dari Honda Accord. All-New Full Size Honda Accord, yang diluncurkan di Jakarta 3 Maret 2008, tampil dengan desain yang lebih mewah dan dimensi yang terbesar di kelasnya, juga fitur-fitur dengan teknologi terdepan dan mesin yang lebih bertenaga.

Keunggulan Honda Accord telah diakui secara Internasional dengan lebih dari 50 penghargaan otomotif bergengsi yang diterima dari berbagai negara sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 1976. Di Indonesia sendiri, Honda Accord pun dipilih sebagai “Best Big Sedan” oleh majalah Autobild pada tahun 2004 dan berhasil meraih gelar “Indonesia Car Of The Year” dan “Best Sedan” dari majalah Mobil Motor pada tahun 2005.

Sejak diluncurkan pada 1976, Honda Accord telah mencatat penjualan 15,1 juta unit di 160 negara di seluruh dunia. “Dengan torehan prestasi dan catatan penjualannya, Honda Accord benar-benar merupakan sebuah sedan global yang mewakili reputasi kendaraan Honda di seluruh dunia,” ungkap Yukihiro Aoshima, President Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Di Indonesia Indonesia, Honda Accord telah diterima dengan sangat baik oleh masyarakat dan menjadi benchmark bagi sedan premium di Indonesia dalam hal desain dan terobosan teknologi.

“Honda Accord ini diciptakan dengan segala kelebihan dari sebuah sedan kelas atas. Dengan dimensi bodi yang terbesar di kelasnya, performa yang lebih sempurna, serta desain yang lebih mewah, Honda Accord kini telah naik kelas dan tampil sebagai sebuah sedan full size yang dapat disejajarkan dengan mobil-mobil mewah di kelas atas,” Yukihiro Aoshima

Jonfis Fandy, Marketing & Aftersales Service Director PT HPM, mengungkapkan keyakinannya bahwa model terbaru dari Honda Accord ini akan kembali menempatkan Honda Accord sebagai market leader di kelasnya. “Model terbaru ini merupakan revolusi yang sempurna dari model-model terdahulu Honda Accord, baik dari segi dimensi eksterior dan interior, mesin, fitur keamanan, maupun efisiensi bahan bakar dan performa yang ramah lingkungan,” kata Jonfis.

“Dengan dimensi full size, Honda Accord sekarang naik kelas dari kelas medium menjadi setara dengan sedan premium. Konsep Bigger, Better, Bolder yang digunakan Honda Accord menggambarkan dimensi yang lebih besar, teknologi yang lebih maju, serta desain yang lebih mewah, memberikan standar baru bagi sedan di kelasnya, dengan fitur fitur-fitur inovatif yang tidak dapat ditemukan di mobil-mobil lainnya,” tambah Jonfis.

All-New Full Size Honda Accord mengusung beberapa teknologi terbaru yang untuk pertamakalinya diterapkan pada mobil Honda di Indonesia, antara lain mesin 3,5 liter i-VTEC V6 yang dilengkapi generasi kedua dari Variable Cylinder Management (VCM).

Fitur VCM berguna untuk mengatur jumlah silinder yang aktif dalam melakukan pembakaran sesuai dengan beban mesin, medan yang dilalui, serta kecepatan kendaraan. Dalam keadaan mendaki atau akselerasi tinggi, VCM mengatur mesin agar beroperasi penuh dengan 6 silinder untuk menghasilkan kekuatan yang besar. Saat beban mesin dalam kondisi sedang, mesin bekerja dengan 4 silinder untuk menghasilkan tenaga yang efisien. Sementara saat kendaraan bergerak dalam kecepatan rendah atau dalam kondisi cruising, maka hanya 3 silinder yang bekerja untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar

Fitur canggih lainnya adalah Speed Sensitive Volume Compensation (SVC), yang mengatur volume suara berdasarkan kecepatan kendaraan sehingga kenikmatan menikmati musik dalam kabin tidak akan terganggu dengan noise akibat deru mesin. Keheningan di dalam kabin semakin sempurna pada Honda Accord berkat fitur Active Noise Cancelation (ANC), yang secara otomatis mencegah masuknya suara-suara dari luar kabin.

Selain itu, kabin Honda Accord masih dilengkapi dengan berbagai fitur canggih seperti cruise control, paddle shift, audio steering switch, Dual Zone Auto Air Condition, Rear Air Vent, Power Rear Sunshade, electric sunroof dan masih banyak lagi.

Tidak hanya nyaman dan mewah, All-New Full Size Honda Accord juga semakin bertenaga. Mesin 3,5 liter V6 i-VTEC memberikan tenaga besar dengan maksimum 275 PS pada 6200 rpm, dengan torsi maksimal 34,6 kgm pada 5000 rpm. Mesin ini menggabungkan teknologi Variable Valve Timing & Lift Electronic Control (VTEC), Valve Timing Control (VTC), Drive By Wire (DBW), dan Variable Cylinder Management (VCM) yang secara otomatis mengatur jumlah silinder yang bekerja sesuai dengan kondisi perjalanan. Kombinasi tersebut menghasilkan tenaga yang besar, akselerasi yang mulus, serta efisiensi bahan bakar dan emisi yang lebih bersih.

Sementara mesin 2,4 liter DOHC i-VTEC kini memberikan kekuatan maksimal 180 PS pada 6500 rpm, lebih tinggi 10 PS dari model sebelumnya, dengan torsi maksimal 23.0 kgm pada 4500 rpm.

Honda Accord telah dilengkapi dengan fitur keamanan, seperti Vehicle Stability Assist (VSA), lampu High Intensity Discharge (HID) dengan teknologi Auto leveling, struktur bodi G-CON dengan teknologi Advanced Compatibility Engineering (ACETM), Front Dual i-SRS Airbags, Side Airbags dengan sensor OPDS yang dapat melacak posisi duduk penumpang, Dual Pretensioner seat belt with 2 steps load limiters dan active head rest restraint. Honda Accord juga lebih aman bagi pejalan kaki jika terjadi tabrakan karena telah menerapkan pedestrian protection body. Untuk menjamin keamanannya, Honda Accord juga telah melalui uji tabrak dengan berbagai ukuran kendaraan dari berbagai sisi, dan lulus dengan rating tertinggi yaitu 5 bintang berdasarkan standar NCAP.

Tersedia 6 pilihan warna untuk Honda Accord, yaitu Alabater Silver Metallic, Silver Stone Metallic, Nighthawk Black Pearl, Brilliant White Pearl, serta dua warna terbaru yaitu Polished Metal Metallic dan Bold Beige Metallic.

New Honda Accord seri VTi akan dipasarkan dengan harga on the road Rp. 380 juta untuk transmisi manual dan Rp. 395 juta untuk transmisi otomatis. Sementara seri VTi-L akan dipasarkan dengan harga Rp. 428 juta untuk transmisi otomatis. Sedangkan varian 3.5 liter V6 i-VTEC dipasarkan dengan harga Rp 575 juta (on the road Jakarta). /PR

Labels: , ,