Monday, June 09, 2008

Final Battle Yaris Show Off (YSO) 2008

Siapakah PRINCE Jakarta dan KING of YSO Tahun ini?

Puncak kegiatan YARIS SHOW OFF 2008 (YSO) akan berlangsung mulai hari ini hingga 8 Juni 2008 di Cilandak Town Square, Jakarta. Setelah memilih dua orang PRINCE of YSO Surabaya pada 1 Juni lalu, maka dalam final nanti, akan dipilih dua lagi pemenang PRINCE of YSO Jakarta, yang kemudian diadu untuk memilih KING of YSO 2008 dengan hadiah utama 1 unit Yaris.

YSO 2008 diluncurkan pada Maret lalu, dengan tiga aktivitas utama: Modification Contest, Groovy Inspire Contest dan Groovy Design Contest. “Anak muda sekarang memiliki kreativitas yang tinggi dan semangat besar untuk dapat unjuk kebolehan dirinya, sebagai bentuk aktualisasi dan pencarian jati diri.

Melalui ajang YSO, kami mencoba memberikan wadah bagi mereka agar dapat menyalurkan kreativitasnya dengan cara positif. Tak terbatas bagi mereka yang telah memiliki mobil - seperti dalam kontes modifikasi - tapi juga dalam bentuk lain, seperti Groovy Inspire Contest dan Groovy Design Contest”, ujar Johnny Darmawan, Presiden Direktur PT TAM.

“Kami berharap dari kontes ini akan muncul ide-ide cemerlang, inovasi-inovasi desain yang berani, yang menggambarkan semangat dan dinamika kehidupan anak muda. Ini sesuai dengan tagline Yaris: It’s Show Time, yang berarti ajakan bagi para youngster untuk percaya diri dan berani menyuarakan aspirasi dan pemikirannya”, lanjut Johnny.

Modification Contest
Kontes modifikasi Yaris dengan tema Elegance vs. Racing ini merupakan aktifitas utama YSO. Ini merupakan pertama kali di Indonesia dan diharapkan membuat trend baru dalam kontes modifikasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, YSO kali ini diadakan di Jakarta dan Surabaya, di mana dua pemenang utama dari tiap kota atau disebut dengan PRINCE of YSO Ellegance and Racing, akan diadu dalam final battle untuk menjadi KING of YSO 2008.

Hadiah bagi Prince of YSO adalah masing-masing uang tunai Rp 15 juta dan perjalanan ke Tokyo Auto Salon 2009. Adapun untuk KING of YSO 2008, hadiah yang diberikan cukup spektakuler: 1 unit mobil Yaris. Ada hal yang tetap sama dengan tahun lalu, yakni mobil yang diikutsertakan harus tetap layak jalan untuk penggunaan sehari-hari, serta tidak mengurangi fungsi dari fasilitas keselamatan yang ada, seperti lampu, rem, seatbelt, dll.

Animo para youngster untuk mengikuti ajang ini pun jauh meningkat dari tahun lalu. Selain dari Jakarta dan Surabaya, peserta tahun ini juga berasal dari kota-kota seperti Palembang, Medan, Bali dan Balikpapan, total 80 orang telah mendaftarkan dirinya.

“Kami memperkirakan, peningkatan jumlah peserta dikarenakan tema yang menarik, wilayah penyelenggaraan yang lebih luas, penambahan kategorisasi, selain tentu saja hadiah yang lebih menarik”, ujar Joko Trisanyoto, Direktur Pemasaran PT TAM.

Untuk Surabaya, PRINCE of YSO telah diumumkan pada 1 Juni lalu di Surabaya Town Square. Mereka adalah Said Hanafiah, peserta dari Balikpapan dan Roy Adhyanto, peserta dari Surabaya. Keduanya mewakili masing-masing tema, Elegance dan Racing. Mobil keduanya turut dipamerkan di Cilandak Town Square, bersama-sama 25 mobil finalis lainnya yang berasal dari Jakarta.

Groovy Inspire Contest & Groovy Design Contest
Groovy Inspire Contest adalah lomba kreatifitas dan inovasi ide tentang segala sesuatu yang mengambil bentuk dari eksterior / interior / kelengkapan / aksesoris pada Yaris. Sedangkan Groovy Design Contest memperlombakan konsep modifikasi Yaris, namun dalam bentuk desain / sketsa / foto.

Dalam kontes yang baru pertama kali diadakan ini, animo peserta ternyata cukup baik. Total 87 desain untuk Groovy Design Contest dan 33 ide untuk Groovy Inspire Contest telah diterima panitia.

“Kami sangat surprise dengan antusiasme kaum muda untuk mengikuti kontes ini. Terbukti, bahwa anak muda jika difasilitasi pasti akan dapat menghasilkan suatu karya yang positif”, lanjut Joko Trisanyoto lagi. Kriteria pemenang didasarkan pada orisinalitas ide, kreativitas dan tingkat kesulitan gambar / design.

Berdasarkan penilaian juri, maka pemenang pertama untuk kontes ini adalah: Mikael Ifianto dari Sidoarjo untuk Groovy Design Contest dan Muhammad Yakup D.P.S dari Surabaya untuk Groovy Inspire Contest. Para pemenang mendapatkan hadiah MacBook Pro. “Agar mereka semakin kreatif lagi”, imbuh Joko.

Dalam YSO 2008 di Cilandak Town Square ini, pengunjung juga akan disuguhi beragam entertainment program dari para young artists, seperti: theatrical STOMP, Maliq n D’Essentials, Ecoutez, J-Rocks, Soulvibe, Andezzz, B-Boys, Capoeira, Soulmate, Mike’s Apartment, Pandji Rapper, Groovyland, juga tak ketinggalan games-games seru lainnya.

Seluruh aktifitas Yaris, seperti Yaris Show Off, kiprah Yaris di arena motor sport, Yaris Smart Driving Coaching Clinic, maupun Yaris Groovy Futsal, dapat dilihat dalam website http://www.groovynations.com/ yang juga merupakan sarana komunikasi dan unjuk kreasi dari komunitas kreatif Yaris, yang disebut Groovy Nations. /PR

Labels: ,