Friday, September 29, 2006

Kental Klasik

Kalau selama ini Anda terbiasa melihat tampilan berbagai mobil Peugeot, mobil konsep Peugeot 907 – konsep kupe V12 GT – yang diharapkan telah memulai debutnya di “Goodwood Festival of Speed” paling bergengsi di Inggris, Juli 2006, terasa sangat berbeda.

Ditenagai mesin 6.0-liter 500bhp V12, dalam posisi memanjang di samping axle depan; dan dihubungkan dengan propshaft kecil, sehingga dapat menyampaikan tenaganya ke girboks enam-kecepatan yang ditempatkan memanjang di depan dari axle belakang. Peugeot 907 yang mengusung konsep serat karbon (one-off carbon fibre) ini memang didesain untuk menampilkan performa tinggi, namun tetap gaya dan sporti.

Peugeot 907 sebagai sebuah mobil konsep diciptakan untuk mewakili mobil-mobil grand touring – kupe dengan dua tempat duduk – yang tampil lebih moderen namun dengan sentuhan klasik yang kuat. Balutan kulit berwarna coklat yang hampir menyelimuti seluruh bagian dalam, mulai dari tempat duduk, stir, dashboard, pintu bagian dalam, yang semuanya memberi kesan kuat gaya klasik nan eksotis.

Tampilannya memang sangat memberi perpaduan yang harmonis antara keangkuhan mobil super cepat, kapasitas mesin yang besar dengan bentuk dan kesan klasik yang kental, yang memunculkan kesan sinergis antara kecanggihan teknologi modern dan tradisi kendaraan klasik.

Selain itu, Peugeot 907 mampu menampilkan perubahan frontal dari umumnya gaya mobil-mobil Peugeot selama ini, dan menggantikannya dengan tampilan yang sama sekali baru dan menawan.

Desain yang menawan dan dilengkapi dengan bodi berbahan serat karbon, semakin menampilkan citra harminis yang berhasil memadukan gaya, yang ditampilkan lebih lengkap dengan keselarasan antara glass roof, front windscreen dengan rear windscreen. Ventilasi sisinya ditempatkan di sayap depan dan panel belakang, sedang spoiler belakang yang dapat dibuka-tutup dipasang di tailgate.

Dua saluran buang berada ada baik di kanan maupun kiri dari mobil yang dilengkapi dengan roda 18" dengan ban Michelin ukuran 275/40 (depan) dan 345/35 (belakang). Wheelbase kupe GT ini adalah 2500mm, dengan panjang keseluruhan 4370mm dan lebar 1880mm. Berat 907 hanya 1400kg, sehingga rasio daya/beratnya sebesar 347bhp/ton.

Interiornya dirancang untuk memberikan kenyamanan bagi kedua penumpangnya. Selain diselimuti kulit berwarna coklat, 907 memiliki stir dan gear lever knob yang terbuat dari kayu asli.