Friday, September 29, 2006

Pemicu Adrenalin nan Eksotis

Bagi para fanatis Pontiac, kini hadir Solstice GXP 2007 yang didukung supercharge. Ini merupakan jawaban dan perhatian Pontiac terhadap para peminatnya yang menginginkan suatu kendaraan yang berhasil dengan baik memadukan antara gaya yang menawan, luks dengan kenikmatan dan gairah mengendara setingkat lebih tinggi.

Solstice GXP memiliki mesin turbo Ecotec 2.0-liter, yang merupakan mesin injeksi langsung pertama GM yang ditawarkan di pasar Amerika Utara. Mesin ini mampu memberi 260 hp (194 kw) dan torsi sebesar 260 lb.-ft. (353 Nm), yang membuatnya menjadi mesin dengan semburan daya tertinggi dan mesin paling bertenaga dalam keluarga Ecotec (130 hp/97 kw per liter).

Kalau sebelumnya, Solstice mengusung mesin yang lebih berat dengan daya 170 hp dari mesin empat silinder segaris 2.4-liter, kini Solstice GXP hadir dengan mesin lebih ringan versi 2.0-liter turbocharged, tetapi mampu menghasilkan 260 hp dan torsi 260 lb-ft. Performa tinggi mesin turbo Ecotec dari GXP dihubungkan dengan sistem girboks lima-kecepatan manual dan transmisi lima-kecepatan tambahan yang memberikan akselerasi 0-ke-60 mph ditempuh kurang dari 5.5 detik.

Solstice GXP dikembangkan berbasis keunggulan yang diharapkan diperoleh dari sebuah classic roadster – style, crisp handling, dan spirited performance. Solstice GXP mengambil DNA murni roadster dan membawanya ke tingkatan yang baru, terutama dengan 47 persen tambahan daya dan keunggulan lainnya, yang memberi pengalaman mengendara lebih memacu adrenalin.

Dual-scroll turbocharger-nya dipadu dengan sebuah turbin ringan menyediakan daya seketika, dan system pendinginan udara-ke-udara yang mendorong performa turbonya sambil menurunkan temperatur masuknya. Sistem turbocharge-nya dijalankan dengan mengoptimalkan valve timing pada rpm lebih rendah agar diperoleh respon turbo terbaik dan akses cepat ke torsi mesin.

Selain itu, dengan teknologi injeksi langsung mesin Ecotec mampu menghasilkan daya lebih besar sambil mempertahankan konsumsi bahan bakar yang lebih rendah. Bahan bakar dibawa langsung ke dapur pacu untuk menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna. Lebih sedikit bahan bakar dibutuhkan untuk menghasilkan daya yang sama, terutama pada kecepatan menjelajah normal.

GXP juga dilengkapi dengan standard limited-slip differential, anti-lock brakes, dan Stabilitrak skid control, juga suspensi sporti. Ukuran rodanya sama dengan jenis Solstice lainnya, tetapi tersedia pilihan ban berperforma tinggi, karena ban semacam itu dibutuhkan untuk bisa menggeber kemampuan kendaraan ini.

Selain kelengkapan standar, Solstice GXP juga memiliki kelengkapan tambahan, antara lain: Sistem suspensi sport, sistem pengereman empat-roda dengan anti-lock, limited-slip rear differential, power window/locks/mirrors dan remote keyless entry, stir berlapis kulit dan dilengkapi dengan accessory controls dan cruise control. Termasuk rear deck spoiler, tempat duduk berlapis kulit, sport metallic pedals, chrome wheels, pilihan audio - XM Satellite Radio, dan OnStar.


FACTFILE
Mesin: Turbo Ecotec 2.0-liter
Tenaga: 260 hp (194 Kw)
Torsi: 260 lb.-ft. (353 Nm)
Transmisi: Sistem girboks lima-percepatan manual dan lima-percepatan tambahan
Akselerasi: 0-60 mph ditempuh kurang dari 5.5 detik